Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak

Akuntansi UMSIDA — Prestasi membanggakan ditorehkan oleh mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA. Baru saja, Wilda Maulidina dari Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyabet juara 3 lomba menulis esai pajak.

Kompetisi bertajuk Esai Kompetisi Seru Pajak tersebut diselenggarakan oleh Kantor Wilayah DJP JATIM II dalam rangka peringatan hari pajak tahun 2022. Gagasan yang diangkat Wilda dalam esainya adalah KANAN (KOLABORASI DATA NIK MENJADI NPWP) SEBAGAI UPAYA KEPATUHAN DALAM MEMBAYAR PAJAK .

“Menurut saya, kolaborasi NIK dan NPWP ini adalah kolaborasi yang memiliki prospek yang baik ke depannya. kepatuhan dalam membayar pajak menghasilkan data yang lebih lengkap. Kelengkapan ini membantu Direktorat Jenderal Pajak dalam mengecek data yang valid. Sehingga wajib pajak tidak bisa menghindar dari semua kewajiban perpajakannya. Dapat dilihat bahwa saat ini wajib pajak seperti pengusaha sering menyembunyikan hartanya
agar terhindar dari beban pajak. Penghindaran beban pajak semacam ini mempunyai sifat ilegal karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Kolaborasi ini sama halnya dengan wajib pajak dipaksa patuh dan memiliki kesadaran terhadap kewajiban perpajakan yang harus dilaporkan tiap tahunnya. ,” jelas Wilda, Kamis (14/7/2022).

Kompetisi ini dilaksanakan secara offline pada 14 Juli 2022. Seluruh peserta mengirimkan esai kepada panitia untuk dilakukan penjurian, kemudian peserta mempresentasikan dihadapan dewan juri dan selanjutnya diumumkan pemenang dalam acara penutupan kegiatan tersebut. Mahasiswa semester enam tersebut mengaku kaget dan tidak menyangka ketika dirinya diumumkan mendapat predikat juara 3.

Wilda berharap melalui tulisan tersebut, NIK menjadi NPWP diharapkan bisa berjalan secara penuh di tahun 2023 dengan kontribusi masyarakat yang mendukung sistem ini berjalan di Indonesia.  EWN

Related Posts

Mahasiswa Akuntansi UMSIDA disebar ikuti program magang

Pelaksanaan Monev Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ini dilakukan...

Prodi Akuntansi UMSIDA Lakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Magang

Diakhir penghujung perkuliahan, Prodi Akuntansi UMSIDA melaksanakan program monitoring dan...

Kuliah Tamu PRODI AKUNTANSI UMSIDA Bahas Mengenai “Pengadaan Barang dan Jasa Di desa”

Akuntansi NEWS – Kuliah tamu program studi akuntansi UMSIDA pada matakuliah...

Leave a Reply