Workshop yang diselenggarakan oleh Program Studi AKuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mengusung tema “Human Development Skill” yang diadakan pada tanggal 31 Agustus 2022 dengan dua narasumber, yaitu perwakilan dari Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo, Bapak Drs. Pujoseno, S.IP (Inspektur Pembantu I Inspektorat Daerah Kabupaten Sidoarjo) dan Bapak Habib Basuni, SE., Ak., CA., CPA (Pimpinan KAP dan Partner KAP Habib Basuni dan Haryadi) juga dimoderatori oleh Dr. Hadiah Fitriyah, SE., M.Si (Dosen Prodi Akuntansi UMSIDA).
Kegiatan kali ini termasuk dalam program PK-KM, sesuai dengan sosialisasi yang sudah disampaikan kepada seluruh mahasiswa program studi akuntansi sendiri. Dimana kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mengerti peran seorang akuntansi dalam dunia digital ekonomi.
Hasil dari penyampaian Bapak Pujoseno yaitu dalam dunia accounting dapat dikatakan bahwa Generasi Z adalah generasi saat ini/millennial yang dapat mengetahui keterampilan seorang auditor pemula itu sendiri. Seorang auditor juga diperlukan di dalam pemerintahan daerah. Keterampilan mahasiswa akuntansi diyakini mampu bertindak secara tanggap dalam sebuah keputusan.
Sedangkan, hasil penyampaian dari Bapak Habib sendiri adalah peran seorang akuntan sesuai dengan perkembangan sistem informasi akuntansi. Beliau menyampaikan bahwa saat ini berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sendiri sebagai wahana interaksi dan transaksi. Dengan melihat hal tersebut, terbukti bahwa dunia digital ekonomi saat ini sangat popular. Calon akuntan juga tidak perlu khawatir dalam dunia pekerjaan di masa mendatang, karena banyak sekali lowongan pekerjaan yang expert dalam bidang penyedia informasi keuangan dan berhubungan langsung dengan teknologi informasi yang menjadi kebutuhan pokok sebuah perusahaan. Mengangkat sebuah pantun, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Ketika masih muda bergeraklah, berani membuat Langkah. Kehidupan memang sulit, oleh karena itu lakukan hal sebaik mungkin dan bekerja keraslah.