Mahasiswa Akuntansi UMSIDA Disebar Ikuti Program Magang

Pelaksanaan Monev Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ini dilakukan pada tanggal 6 Juli 2022 oleh Dosen Prodi Akuntansi ketempat magang mahasiswa/i nya. Pelaksanaan magang yang dilakukan sebagian mahasiswa prodi akuntansi angkatan 19 yang dilaksanakan selama 6 bulan terhitung sejak tanggal 1 februari 2022 sampai dengan 31 juli 2022. Penempatannya di SD Muhammadiyah 4 Zamzam, SMK Muhammadiyah 1 Taman dan SMK Muhammadiyah 2 Taman.

Kegiatan yang dilaksanakan magang kali ini diberi kesempatan untuk berada di bagian keuangan sekolah yang dimana bertugas untuk mengatur keuangan yang ada disekolah. Posisi mahasiswa berada pada posisi staf penerimaan yang dipimpin oleh bendahara sekolah.  Dan juga diberi kesempaan untuk memegang beberapa tugas yang dilakukan oleh bagian keuangan sekolah.

Tugas yang dilakukan selama kegiatan magang ini mulai dari mempelajari rekapitulasi administrasi siswa per bulan, mempelajari penyusunan laporan keuangan, melakukan pengecekan melalui rekening koran, membuat cash opname, membantu guru dan karyawan dalam pelaporan pajak tahunan hingga membantu pengarsipan dokumen keuangan perbulan & pertahun.

Dengan adanya kegiatan magang ini mahasiswa juga mengetahui teknik. Metode ini digunakan karena cocok dengan sistem sekolah yang memiliki berbagai macam jenis pembayaran dan kegiatan sekolah yang digunakan untuk menunjang kebutuhan pembelajaran sekolah. Melalui program magang ini, mahasiswa prodi Akuntansi UMSIDA dipersiapkan untuk menjadi insan professional dan berkualitas .