PRODI AKUNTANSI UMSIDA Adakan Upgrading Metodologi Penelitian Guna Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Prodi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) menyelenggarakan Upgrading dengan tema “Metodelogi Penelitian Meningkatkan Kualitas Penulisan Karya Tulis Ilmiah” yang diadakan pada hari Kamis, 23 Juni 2022 dengan mengundang Dr. Nur Fajri Asyik, S.E., M.Si., AK., CA (Ketua STESIA) sebagai Narasumber, yang dimoderatori oleh Dr. Hadiah  Fitriyah, S.E., M.Si (Dosen Akuntansi UMSIDA).

Acara ini di hadiri oleh sekitar 250 mahasiswa Angkatan 2019. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Diharapkan nantinya mahasiswa memiliki bekal dalam penyusunan tugas akhir atau biasa disebut dengan skripsi.

Acara di buka dengan sambutan dari Bapak Wisnu Panggah Setiyono, S.E.,M.Si.,Ph.D selaku Dekan FBHIS UMSIDA, beliau menyampaikan bahwa setelah diadakan Upgrading ini bisa memberikan mahasiswa motivasi dalam menyelesaikan studi akhir (skripsi) dengan waktu yang cepat. Selain itu beliau juga berpesan bahwa membuat riset tidak perlu halaman penelitiannya yang banyak. Cukup sesuai dengan tahapan-tahapan metodologi penelitan yang diperhatikan.

Dr. Nur Fajri Asyik, S.E., M.Si., AK., CA selaku pemateri pada acara ini membagi berbagai materi dalam proses penelitian. Beliau menggatakan bahwa dalam proses penelitian harus mencari fenomena atau masalah yang terjadi terlebih dahulu. Fenomena tanpa data tidak bisa disebut dalam penelitian karena tidak ada masalah yang muncul begitu saja. Penelitian adalah upaya mencari faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah. Dari masalah yang ditemukan muncullah sebuah kesenjangan. Kesenjangan ini mampu untuk memecahkan suatu masalah. Dalam proses mencari masalah penelitian bisa menggunakan 2 metode, yaitu metode ilmiah dan metode non-ilmiah. Sedangkan dalam melakukan penelitian bisa menggunakan metode kuantitatif dan/atau metode kualitatif. Metode penelitian kuantitatif lebih berfokus pada data angka dengan instrumen atau alat ukur tertentu. Sementara, metode kualitatif bertujuan untuk menjabarkan data analisis secara naratif.

Acara berlangsung dengan lancar dan antusias peserta sangat baik. Diakhir acara Dr. Hadiah  Fitriyah, S.E., M.Si selaku moderator memberikan pesan yang mengharukan “Jangan cepat menyerah dalam kondisi apapun. Semangat Generasi Pencerah” . (EWN, WM)

Related Posts

Mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA Sabet Juara 3 Lomba Esai Pajak

Akuntansi UMSIDA — Prestasi membanggakan ditorehkan oleh mahasiswi Prodi Akuntansi UMSIDA....

Mahasiswa Akuntansi UMSIDA disebar ikuti program magang

Pelaksanaan Monev Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) ini dilakukan...

Prodi Akuntansi UMSIDA Lakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Magang

Diakhir penghujung perkuliahan, Prodi Akuntansi UMSIDA melaksanakan program monitoring dan...

Leave a Reply