“Gelar Kuliah Tamu Internasional : Peran Industri Kreatif dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah.”

Program Studi Akuntansi – Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) meraih momen berharga dengan menyelenggarakan kegiatan International Guest Lecture yang bertemakan “The Role of Creative Industries in Increasing Regional Income” (Peran Industri Kreatif dalam Meningkatkan Pendapatan Daerah). Acara ini berlangsung di ruang Mini Teater GKB 2 lantai 5 pada Kamis, (7/12/2023).

Pengajaran dari perspektif internasional dihadirkan melalui kehadiran ahli dari Uzbekistan, Bobur Sobirov, seorang ekonom yang mewakili Tashkent State University of Economics. Mahasiswa Program Studi Akuntansi Umsida mendapatkan kesempatan langka untuk mendengarkan pandangan dan pengalaman langsung dari seorang ahli tentang peran industri kreatif dalam pengembangan ekonomi daerah.

Bobur Sobirov, dalam penyampaiannya, mengulas secara mendalam tentang perkembangan industri kreatif, memberikan wawasan tentang bagaimana sektor ini dapat menjadi motor penggerak utama pertumbuhan ekonomi lokal. Mahasiswa hadir dapat bertanya langsung, berinteraksi, dan memperluas pengetahuan mereka tentang kontribusi yang dapat diberikan oleh industri kreatif terhadap peningkatan pendapatan daerah.

Kegiatan ini bukan hanya memberikan pemahaman teoritis, tetapi juga memberikan peluang praktis bagi mahasiswa untuk merespons dinamika global dalam bidang akuntansi dan industri kreatif. Selain itu, inisiatif semacam ini mendukung pengembangan keterampilan interpersonal dan pemahaman lintas budaya, memperkaya pengalaman belajar mahasiswa di Umsida.

Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Umsida dan melibatkan mahasiswa dalam pembelajaran yang tidak hanya akademis tetapi juga aplikatif dalam menghadapi tantangan ekonomi masa depan. International Guest Lecture semacam ini diharapkan menjadi langkah awal bagi lebih banyak kerjasama lintas batas yang dapat membuka peluang baru bagi pengembangan akademis dan profesional mahasiswa Umsida.

Penulis : Indah Nurul Ainiyah

Related Posts

Leave a Reply